Photo Jadul


Photo jadul di atas yang saya pilih untuk memeriahkan gawean neng Orin, “The Sweetest Memories”.

Kenapa?

Karena ini adalah photo jadul saya dengan adek dan kakak sepupu yang masih “terselamatkan”. Sewaktu jadi anak remaja SMA, saya mulai milih-milih foto masa kecil untuk disimpan di album tersendiri.

Ceritanya itu album saya dari pinyik hingga remaja. Dan hanya photo ini yang saya pilih dan pindahkan ke album perjalanan hidup saya. Album itu berisi beberapa foto saya mulai dari anak-anak sampai ABG yang wajahnya mulai berjerawat dan terdokumentasikan.

Padahal, waktu photo  ini diambil, ada beberapa sesi pemotretan (biar berasa model) 😆 , tetapi photo jadul yang lain sudah termakan oleh kelembapan udara dan ngengat.

Oiya, di foto itu saya dan saudara. Jarak usia kami tidak terlalu jauh, adek (adiak Din) dan saudara sepupu (Uda Ral) hanya berjarak 5 tahun. Saya dan Din selisih usianya 3 tahun, makanya kami bertiga boleh dibilang tumbuh bersama, saudara yang lain sudah pada besar-besar.

Ibu kami bersaudara kandung.
Seingat saya, waktu kecil, saya lebih banyak ikut ibunya Ral yang kami panggil dengan sebutan Umi. Karena beliau tidak mempunyai anak perempuan, dan juga karena beliau yang menempati “Rumah Gadang” keluarga. Sehingga di rumah itu selalu ramai, ada nenek/ “Mak Gaek” dan beberapa saudara sepupunya.

Untuk sesi pemotretan ini, mereka memesan khusus tukang photo keliling, ‘hadiah’ dokumentasi untuk kakak sepupu yang masuk sekolah, sekaligus juga sebagai penyemangat kami yang belum sekolah. Baju dan sepatunya, jadul banget ye 😳 .

Seingat saya, awalnya photo jadul akan memilih pose “siap grak” dan wajah serius. Tau-tau seekor kucinng melintas, Din jadi agak manyun (karena si kucing ga mau digendong ) dan reflek tangannya mau mengusir si kucing, kakak-kakaknya justru pamer senyum.

Sayangnya kualitas photo ini sudah kurang bagus, termakan usia. Perhatikan rambut masa kanak-kanak saya, “merah” karena terjemur panas matahari, akibat bermain menyusuri sungai 😀 .

Photo jadul ini adalah photo terakhir kami bertiga saat Umi masih ada. Tiga tahun kemudian beliau meninggalkan kami, pulang ke rumah-Nya.

Sekarang kami bertiga sudah mempunyai generasi penerus. Tidak bisa setiap waktu berkumpul semua. Satu masih di Sumbar, satu di daerah Kepri dan satunya di Pulau Jawa. Tetapi kenangan indah itu masih bisa disegarkan kembali lewat photo jadul ini.

Artikel ini untuk memeriahkan Ulang Tahun Pernikahan Blogger Orin. Selamat Ulang Tahun Pernikahan yang pertama ya Rin. Awet dan penuh keberkahan. Kita tunggu perayaan Ulang Tahun Pernikahan selanjutnya, selanjutnya.

Salam jejak mata, rasa dan kenangan pikiran dalam sebuah bingkai #foto .

29 comments

  1. Emaaaakkk, lucu bgt foto jadulnya, ga kompok yg satu manyun sementara yg lain bernarsis ria hihihihi… Pasti ngangenin ya Mak masa2 itu 🙂

    Sudah Orin catat Mak, makasih banyak yaa udh ikut meramaikan 😉

    jadul yang ngangenin ^^.
    moga acara makin rame ya Rin.

    Suka

  2. woww,, jadul banget,, tahun berapa bu??

    tpi seneng yah msh ada kenang2an waktu itu meskipun tinggal selembar poto……. 😀

    Tahunnya udah Jadul juga Mab 😀
    selembar photo dengan seribu kenangan.

    Suka

  3. kenapa ya dulu itu kalau difoto pasti deh kita disuruh gaya siap grak, he..he..kami juga lho

    Jamannya ortu cinta banget negaranya kali mbak ^^.

    Suka

  4. Ah ini poto mantep bener …
    Uda Ral pake safari …

    Saya yakin ini moment yang tidak terlupakan

    salam saya Bu
    Semoga sukses di perhelatannya Orin

    Om NH pasti juga punya seragam safari jadul ^^.
    Ikut meramaikan yang pesta aja Om.

    Suka

  5. tema kita sama yuk.. hehe 😀

    sukses dah untuk kontesnya.. semoga moment itu bisa terulang suatu saat nanti..

    Yuuuk, yang jadul-jadul dikeluarkan photonya.

    Suka

  6. Fotone kok kayak lagi mengikutin upacara. Siaaaap…. grak!
    Lho, kucingnya kok malah noleh ke belakang…?

    itu karena ada kucing aja masih ada senyumnya,
    kalo gak, benar2 Siaaap grak ^^.

    Suka

  7. hihi lucu ya foto jadul tuh klasik banget. kalau di jaga baik baik foto nya pasti bakal senyum senyum sendiri ingat kenangan yang ada di foto itu. moga sukses di kontes nya ya, amin..

    Suka

  8. Hm…foto Jadulnya OK punya, Jeng… *sementara foto2 jadul ku sdh kalah okeh jamur.. 😦 *
    semoga sukses di perhelatannya Orin ya Jeng…

    Suka

  9. Emak, masih untung ya ada juga foto jadul nya yg terselamatkan ,
    ini memang hanya selembar foto,
    namun isinya penuh kenangan indah ya Mak 🙂

    semoga sukses diacaranya Orin ya Mak 🙂
    salam

    Suka

  10. Foto2 jadul kalau tidak terawat biasanya banyak jamurnya dan kalau lembab gambarnya akan luntur. Salut deh, bisa merawat foto hingga masih bagus sampai sekarang.

    Suka

  11. wahh fotonya bener2 jadul….foto aku juga ada yg seperti itu…bertiga sama saudara…aku sm kaka permepuan pake baju sama…ahh tp ngga tau fotonya pada kemana….

    sukses utk kontesnya yachh

    Suka

  12. jhahaha
    fotonya luchu banget lho mas

    yaa, cuma lihat photonya doang, ga baca ceritanya 😦
    saya itu bukan mas-mas, tapi calon nenek :P.

    Suka

  13. Eniwei, suatu hari nanti FOTO2 seperti ini harganya mahal sekali, kenangannya itu lo…

    SIMPANG baik2, insyaAllah nannti bisa jadi pengenang…

    Suka

  14. […] Lompat ke isi BerandaAboutAwardBuku TamuSang Pujangga ← Photo Jadul September 15, 2011 · 4:47 pm ↓ Jump to […]

    Suka

  15. bu Salma disini yang mana yah?..
    menebak-nebak…hehehe…
    foto itu ternyata bermanfaat banget yah, sebagai kilas balik masa lalu….
    salam

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.